Citilink | KETENTUAN & PERSYARATAN PEMESANAN

KETENTUAN & PERSYARATAN PEMESANAN

1. DRY LEASED DAN WET LEASED

Untuk saat ini CITILINKCARS hanya menyediakan jasa penyewaan berdasarkan wet leased program yang artinya penyewaan dengan menggunakan pengemudi.

2. BATAS UMUR

Minimum umur untuk menyewa mobil adalah 17 tahun dan maksimum tidak ada pembatasan usia.

3. KEANGGOTAAN

Untuk menikmati pelayanan kami dan merasakan pengalaman perjalanan terbaik yang diberikan oleh CITILINKCARS dapat menjadi anggota, pendaftaran tidak di pungut biaya.

4. ASURANSI DAN PENANGGUNGANNYA

Demi keamanan perjalanan Anda kami menggunakan jasa Asuransi untuk mengurangi resiko selama dalam perjalanan, berikut ini adalah penanggungan yang dijamin dalam asuransi.

Mobil

  • Untuk pertanggungan mobil Asuransi menanggung Perbuatan Jahat, Pencurian termasuk yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam pasal 362, 363 ayat (3),(4).(5) dan pasal 365 kitab undang-undang hukum pidana. Tabrakan, terperosok, tergelincir, benturan, terbalik, Kebakaran dengan penyebab, Kebakaran akibat kebakaran benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan mobil, Kebakaran akibat sambaran petir, Kerusakan karena air atau alat-alat lain yang dipergunakan untuk mencegah dan memadamkan kebakaran, dimusnahkannya seluruh atau sebagian mobil atas perintah pihak yang berwanang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran.

  • Kerusakan pada kendaraan bermotor dan atau kepentingan yang di pertanggungkan secara langsung disebabkan oleh salah satu atau lebih dari risiko-risiko berikut:

  1. Kerusuhan

  2. Pemogokan

  3. Penghalang bekerja

  4. Perbuatan jahat

  5. Tawuran

  6. Huru hara

  7. Pembangkitan rakyat tanpa pengguna senjata api

  8. Makar

  9. Terorisme

  10. Sabotase

  11. Pencegahan sehubungan dengan risiko nomor 1-10

  12. Kerusakan kendaraan motor yang disebabkan secara langsung oleh gempa bumi,tsunami atau letusan gunung berapi

  13. Kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air dan tanah longsor

  • Risiko yang dikecualikan

  1. Penghentian seluruh atau sebagian dari pekerjaan atau perlambatan atau gangguan atau penghentian suatu proses atau kegiatan.

  2. Kehilangan hak secara tetap atau sementara karena penyitaan,pinjam paksa atau pengambilalihan oleh pejabat yang berwenang, atau ditempati secara tidak sah atau melawan hukum oleh seseorang.

  3. Gangguan usaha atau segala macam kerugian dalam wujud atau bentuk apapun yang sifatnya konsekuensial. Dalam suatu tuntutan, gugagatan atau perkara lainnya dimana penanggung menyatakan bahwa suatau kerugian atau kerusakan seaca langsung atau tidak langsung disebabkan oleh satu atau lebih risiko-risiko yang dikecualikan diatas, maka merupakan kewajiban tertanggung untuk membuktikan sebaliknya.

  • Potongan klaim resiko sendiri

  1. Untuk kerugian total loss 5% dari harga pertanggungan

  2. Untuk kerugian sebagian (partial loss) Rp.500.000 untuk setiap kejadian/kerusakan

  • Potongan klaim untuk gempa bumi,tsunami, letusan gunung berapi,angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air dan tanah longsor.

  1. 10% dari nilai kerugian

  2. Minimum Rp.500.000 untuk tiap-tiap kejadian

Penumpang

  • Untuk pertanggungan penumpang dengan jaminan terhadap cidera badan atau kematian dan atau biaya pengobatan terhadap penumpang di dalam kendaraan bermotor yang secara langsung disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor tersebut sebagai akibat resiko yang dijamin polis, sebagaimana diatur dengan dibawah ini

  1. Meninggal dunia (100% dari Personal Accident Penumpang)

  2. Kehilangan fungsi seluruh pengheliatan pada kedua belah mata untuk selama-lamanya(100% dari Personal Accident Penumpang)

  3. Kehilangan fungsi kedua belah tangan atau kedua belah kaki atau sebelah tangan dan sebelah kaki untuk selama-lamanya.(100% dari Personal Accident Penumpang)

  4. Kehilangan fungsi sebelah tangan atau sebelah kaki, bersama-sama dengan kehilangan seluruh penglihatan pada sebelah mata untuk selama-lamanya. (100% dari Personal Accident Penumpang)

  5. Kehilangan fungsi sebelah tangan atau sebelah kaki atau kehilangan seluruh penglihatan pada sebelah mata untuk selama-lamanya (75% dari Personal Accident Penumpang)

  6. Biaya perawatan atau pengobatan atas cidera badan penumpang setinggi-tingginya 10% dari harga pertanggungan untuk perluasan jaminan kecelakaan diri penumpang

  7. Personal Accident penumpang nilainya sebesar Rp.25.000.000 maksimum untuk 4 orang penumpang.

  • Untuk pertanggungan pengemudi, dengan jaminan terhadap cidera badan atau kematian dan atau biaya pengobatan terhadap pengemudi di dalam kendaraan bermotor yang secara langsung disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotor tersebut sebagai akibat resiko yang dijamin polis, sebagaimana diatur dengan dibawah ini

  1. Meninggal dunia (100% dari Personal Accident Pengemudi)

  2. Kehilangan fungsi seluruh pengheliatan pada kedua belah mata untuk selama-lamanya(100% dari Personal Accident Pengemudi)

  3. Kehilangan fungsi kedua belah tangan atau kedua belah kaki atau sebelah tangan dan sebelah kaki untuk selama-lamanya.(100% dari Personal Accident Pengemudi)

  4. Kehilangan fungsi sebelah tangan atau sebelah kaki, bersama-sama dengan kehilangan seluruh penglihatan pada sebelah mata untuk selama-lamanya. (100% dari Personal Accident Pengemudi)

  5. Kehilangan fungsi sebelah tangan atau sebelah kaki atau kehilangan seluruh penglihatan pada sebelah mata untuk selama-lamanya (75% dari Personal Accident Pengemudi)

  6. Biaya perawatan atau pengobatan atas cidera badan penumpang setinggi-tingginya 10% dari harga pertanggungan untuk perluasan jaminan kecelakaan diri pengemudi.

  7. Nilai pertanggungan Personal Accident pengemudi sebesar Rp.25.000.000

Pihak Ke-Tiga

Tanggung jawab hukum terhadap kerugian yang diderita karena secara langsung disebabkan oleh mobil yang dipertanggungkan sebagai akibat resiko yang dijamin baik penyelesaiannya melalui proses musyawarah, mediasi, abirtase atau pengadilan, dengan syarat telah mendapat persetujuan tertulis terlebih dahulu dari penanggung, yaitu :

  • Kerusakan atas harta benda

  • Biaya pengobatan, cidera badan, dan atau kematian

Maksimum sebesar harga pertanggungan untuk jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yaitu sebesar Rp.25.000.000

Biaya perkara atau biaya bantuan para ahli yang berkaitan dengan tanggung jawab hukum terhadap tertanggung dengan syarat mendapat persetujuan tertulis terlebih dahulu dari penanggung. Tanggung jawab penanggung atas biaya tersebut setinggi-tingginya 10% (sepuluh persen) dari limit pertanggungan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yaitu sebesar Rp.25.000.000

5. KEBIJAKAN BAHAN BAKAR MINYAK

Untuk pengisian bahan bakar kami akan mengisikan bahan bakar 5 liter per jam.

6. KAPASITAS BAGASI

Kapasitas bagasi disesuaikan dengan jumlah penumpang dan jenis mobil yang berbeda-beda setiap merk dan tipenya

7. PEMBAYARAN

  1. Credit card payment

    Pembayaran untuk pemesanan online dapat menggunakan kartu kredit berlogo visa atau mastercard. Pembayaran akan dianggap sah apabila sudah dikonfirmasi oleh penerbit kartu kredit
  2. Bank Transfer Payment

    Pembayaran dapat menggunakan transfer antar bank, dengan rekening tujuan pembayaran sesuai dengan yang diterima oleh bukti pemesanan.
  3. E-cash
    Dengan menggunakan account e-cash yang diterbitkan oleh bank di Indonesia dan lembaga lain di Indonesia

8. LAYANAN TAMBAHAN

CITILINKCARS menyediakan layanan tambahan untuk Anda, dan mempunyai biaya yang berbeda-beda untuk layanan tambahan ini. Layanan tambahan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Layanan tambahan ini berbeda-beda sesuai dengan kategori mobil rental yang dipilih konsumen. Apabila ada kerusakan atau kehilangan ketika menggunakan layanan kami yang berupa barang-barang layanan tambahan yang nilainya diatas Rp.100.000 maka berhak dikenakan biaya penggantian.

9. PAJAK
Setiap transaksi Anda akan dikenakan biaya pajak pertambahan nilai sebesar 10% sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

10. BIAYA MATERAI

Setiap transaksi akan dikenakan biaya materai sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.

11. BIAYA TOL DAN PARKIR

Biaya tol dan parkir tidak termasuk di dalam layanan CITILINKCARS

12. BIAYA SEWA

Didalam penentuan harga biaya sewa sistem online CitilinkCars mempunyai harga yang dinamis dan berbeda-beda untuk tiap bulan, hari atau jamnya, karena memperhatikan kebutuhan konsumen. Sehingga harga yang diberikan pada jam ini belum tentu sama dengan jam berikutnya. Misal: harga weekend dengan harga weekdays berbeda, harga untuk di weekdays pada pukul 08.00-11.00 berbeda dengan pukul 20.00-23.00 dikarenakan keadaan yang berbeda.

Jika tarif waktu melebihi batas ketika sedang dalam perjalanan, maka penumpang dapat meminta extra hour dan langsung membayar tarif jam tersebut kepada pengemudi secara langsung, yaitu dengan mengisi form bukti pembayaran dan membayarnya dengan cash. Kemudian, pengemudi kami akan melapor ke pengatur Citilink Cars mengenai data penumpang dan extra hour tersebut.

Jika pengemudi menunggu lebih dari 15 menit dan penumpang tak kunjung datang, maka biaya sewa per jam slanjutnya ditanggung oleh penumpang.

13. E-RECEIPT

E-receipt akan dikirim melalui email kepada Anda, sebagai tanda kalau Anda sudah melunasi pembayaran, di dalam e-receipt ini terdapat booking code yang harus ditunjukan kepada pengemudi kami sebelum menggunakan layanan kami. Booking code ini dapat di pindah tangankan kepada orang lain.

E-receipt merupakan bukti transaksi yang sah sebagai bukti pemesanan dan pembelian dan sebagai acuan referensi penyewaan Citilink Cars Anda.

Anda dihimbau untuk menyimpan E-receipt dari setiap penyewaan Anda yang mungkin akan berguna untuk pelayanan setelah pemesanan. (Simpan bukti pembayaran bila sewaktu2-waktu diperlukan)

14. LARANGAN BAWAAN

Anda tidak boleh membawa: minuman keras, narkoba jenis apapun, senjata tajam dan senjata api, atau barang dan tindakan lain yang dilarang dalam Undang-Undang Indonesia. Apabila terlihat Anda membawa ini pengemudi kami akan segera menghentikan perjalanannya. Kalaupun tidak ini, menjadi tanggung jawab anda sebagai pengguna jasa rental.

15. BATASAN PENYEWAAN

Anda hanya dapat menggunakan mobil rental sesuai dengan lokasi dan jam yang sudah di pesan sebelumnya Apabila terdapat kelebihan km, jam dari dan ke tempat lebih jauh dari lokasi tujuan, akan dikenakan biaya tambahan sesuai waktu kelebihannya. Untuk penggunaan pelayanan sewa mobil keluar kota anda dapat menemukan pilihannya pada layanan tambahan.

16. MINIMUM PENYEWAAN

Minimum pemesanan harus dibuat paling cepat 1 hari sebelumnya, dan minimum waktu penggunaan rental minimum adalah 1 jam, dengan penambahan biaya yang akan dibebankan apabila kelebihan waktu dari jam yang sudah di pesan.

17. LOKASI PENJEMPUTAN

Apabila lokasi penjemputan tidak dapat dijangkau, maka penumpang diharuskan izin untuk menghubungi pengemudi dan meminta dijemput di lokasi yang dapat di jangkau.

18. MENGUBAH DAN MEMBATALKAN PESANAN

Untuk mengubah pesanan harus dilakukan maksimal 1 hari sebelumnya, untuk dapat mengubah pesanan penyewa akan diberikan mobil yang belum tentu sama, ini akan disesuaikan dengan kesediaan dari mobil yang ada di inventory kami, dan kami tidak akan mengenakan biaya tambahan.

Untuk membatalkan pesanan kami harus dilakukan maksimal 1 hari sebelumnya, biaya yang sudah dibayarkan penyewa tidak dapat dikembalikan, namun dapat digunakan untuk pemesanan yang lain.

19. TIP UNTUK PENGEMUDI

CITILINKCARS tidak mengharuskan pengguna mobil memberikan tip kepada pengemudi, tapi jika ingin memberikan tidak menjadi sebuah larangan.